Memahami metode penelitian komunikasi bagian C

 Pembingkaian berita pemblokiran trading ilegal di Indonesia oleh (Bappebti)

(Framming pada CNN Indonesia dan Bisnis.com )

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan memblokir 1.222 situs web Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) sepanjang 2021. Tindakan itu mereka lakukan karena 1.222 situs PBK itu ilegal.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan aktivitas permainan judi berkedok trading. Situs yang diblokir itu, terdapat 92 domain opsi biner yang diblokir seperti Binomo, IQ Option, Olymptrade, Quotex serta platform lain sejenisnya.Opsi biner sendiri merupakan kegiatan judi daring berkedok trading di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK)

Bappebti memblokir 1.222 situs web Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) ilegal sepanjang 2021. Ilustrasi. (Diolah dari Istockphoto/ipopba).

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan memblokir 1.222 situs web Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) sepanjang 2021. Tindakan itu mereka lakukan karena 1.222 situs PBK itu ilegal.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan aktivitas permainan judi berkedok trading. Situs yang diblokir itu, terdapat 92 domain opsi biner yang diblokir seperti Binomo, IQ Option, Olymptrade, Quotex serta platform lain sejenisnya.

Opsi biner sendiri merupakan kegiatan judi daring berkedok trading di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK).


Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) kembali menindak tegas sejumlah trading ilegal yang dilaporkan masyarakat selama 2021.

Bappebti memblokir 1.222 situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal dan permainan judi berkedok trading.

Plt. Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan, upaya ini dilakukan untuk memperkuat perlindungan masyarakat dari bahaya investasi ilegal yang merugikan.

"Apabila terjadi perselisihan (dispute) antara nasabah dengan penyedia, Bappebti selaku regulator di bidang perdagangan berjangka tidak dapat memfasilitasi nasabah dalam rangka mediasi," imbuh Wisnu.

Selain itu, kata Wisnu, marak juga penawaran investasi forex dengan dalih melakukan penjualan robot trading. Masyarakat dijanjikan keuntungan konsisten dan pembagian keuntungan dengan penjual robot trading. Bagi anggota yang dapat merekrut anggota baru untuk bergabung, juga dijanjikan akan mendapat bonus, berupa bonus sponsorship . Entitas-entitas tersebut menggalang dana masyarakat melalui paket-paket investasi dengan menggandeng pialang berjangka luar negeri yang tentunya tidak memiliki izin usaha sebagai pialang berjangka dari Bappebti,” terang Wisnu.

Dalam kegiatan ini, para pelaku diduga melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2011 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 1997 Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi serta diduga menyalahgunakan legalitas Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) yang diterbitkan Kemendag.

SIUPL merupakan izin usaha melakukan kegiatan usaha penjualan langsung yaitu sistem penjualan barang tertentu melalui jaringan pemasaran yang dikembangkan penjual langsung yang bekerja atas dasar komisi dan/atau bonus berdasarkan hasil penjualan kepada konsumen di luar lokasi eceran.


Barang yang termasuk produk komoditas berjangka sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau jasa dilarang dipasarkan melalui sistem penjualan langsung.

Selama 2021, selain opsi biner dan penawaran paket investasi forex berkedok penjualan robot trading, situs website yang diblokir adalah duplikasi situs website pialang berjangka yang memiliki perizinan dari Bappebti dan situs web introducing broker (perantara) dari pialang berjangka luar negeri, seperti OctaFX, FBS.


Wacana kenaikan gaji dan tunjangan PNS tahun 2022 di media massa

(Analisis wacana pemberitaan Bisnis.com dalam Kenaikan gaji dan tunjangan PNS tahun 2022 di Indonesia)

Bisnis.com, SOLO - Gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2022 diwacanakan naik hingga Rp9 juta per bulan.

Meskipun hingga kini, wacana tersebut belum mendapat konfirmasi dari Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Namun yang pasti, PNS di tahun 2022 akan mendapat gaji ke-13 dan THR dengan jumlah yang sama dengan tahun lalu.

Gaji pokok PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977.

Besaran gaji PNS berkisar di angka Rp 1.560.800 hingga Rp 5.901.200 per bulannya.

Berikut besaran gaji PNS tahun 2022 golongan I hingga IV:

Golongan I:

Ia: Rp 1.560.800 - Rp 2.335.800

Ib: Rp 1.704.500 - Rp 2.472.900

Ic: Rp 1.776.600 - Rp 2.577.500

Id: Rp 1.851.800 - Rp 2.686.500

Golongan II:

IIa: Rp 2.022.200 - Rp 3.373.600

IIb: Rp 2.208.400 - Rp 3.516.300

IIc: Rp 2.301.800 - Rp 3.665.000

IId: Rp 2.399.200 - Rp 3.820.000


Golongan III:

IIIa: Rp 2.579.400 - Rp 4.236.400

IIIb: Rp 2.688.500 - Rp 4.415.600

IIIc: Rp 2.802.300 - Rp 4.602.400

IIId: Rp 2.920.800 - Rp 4.797.000

Golongan IV:

IVa: Rp 3.044.300 - Rp 5.000.000

IVb: Rp 3.173.100 - Rp 5.211.500

IVc: Rp 3.307.300 - Rp 5.431.900

IVd: Rp 3.447.200 - Rp 5.661.700

IVe: Rp 3.593.100 - Rp 5.901.200


Analisis Semiotika Terhadap Iklan Susu Bendera Edisi Ramadhan 1430 H Di

Televisi

 Penelitian berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia periklanan

yang ditayangkan melalui media televisi terutama iklan Susu Bendera edisi

Ramadhan. Kreativitas media iklan dalam menyajikan pesan dan produk sekaligus

dalam satu paket. Hal ini yang terlihat dalam iklan Susu Bendera edisi Ramadhan

di mana perusahaan ingin menawarkan produknya dengan tema yang sesuai

dengan keadaan di masyarakat pada saat itu yaitu datangnya bulan suci Ramadhan.

Untuk menjelaskan masalah yang akan penulis teliti, dirumuskan masalah

sebagai berikut, pertama Apa makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos pada iklan Susu

Bendera edisi Ramadhan di televisi dilihat dari perspektif semiotika Roland

Barthes? Dan kedua, Apa pesan yang terkandung dalam iklan susu bendera edisi

Ramadhan 1430 H di televisi?

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang

digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotik. Analisis semiotik

merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan makna-makna

terhadap lambang-lambang yang terdapat pada suatu paket lambang-lambang

pesan atau teks. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber

data primer: data yang diperoleh dari rekaman Iklan Televisi Susu Bendera versi

Ramadhan saling menguatkan bersama Susu Bendera, sumber data Sekunder: data

yang diperoleh dari studi kepustakaan, informasi media massa yang berhubungan

dengan objek penulisan ini.

 Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model

analisis semiotik Roland Barthes Objek penelitian dalam penelitian ini adalah

Iklan Televisi Susu Bendera versi Ramadhan saling menguatkan bersama Susu

Bendera yang akan dibahas lambang-lambang komunikasi dan aspek

sinematografis setiap scene yang mendukung terbentuknya makna iklan tersebut,

sehingga akan diperoleh makna denotasi, konotasi, dan mitos dari hubungan

ketiganya.

 Penelitian ini mendapatkan data bahwa Perusahaan Frisian Flag Indonesia

yaitu untuk produk susu bendera dalam iklan edisi Ramadhan di televisi pada

tahun 2009. Ditinjau dari Denotasi, Konotasi dan Mitos pesan yang ingin

disampaikan peneliti mendapatkan hasil bahwa iklan susu bendera edisi

Ramadhan bertema “saling menguatkan saat Ramadhan” yang di artikan penulis

bahwa dengan meminum segelas Susu bendera keluarga Indonesia dapat

menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan kuat seperti yang digambarkan oleh

model dalam iklan ini. Dan juga hasil dari mitos yang menjelaskan bahwa

menangis, makan angin dan buang angin dalam air sebenarnya tidak membatalkan

ibadah puasa.




Komentar

Postingan Populer